RSS

Hari Kue Jepang 和菓子の日

17 Jun

Baru tahu rupanya tanggal 16 Juni itu adalah hari Wagashi atau kue Jepang. Japanese sweets.

Bermula dari tanggal 16 Juni 848, Kaisar Jinmyou mempersembahkan 16 macam kue kepada dewa-dewa supaya sembuh dari sakit dan bisa hidup bahagia. Kebiasaan untuk makan kue Jepang pada tanggal itu ternyata masih terus berlanjut sampai jama Edo (tokugawa).

Pada tahun 1979, Asosiasi Kue Jepang akhirnya menetapkan tanggal 16 Juni sebagai Hari Kue Jepang. Memang kue Jepang ini cantik-cantik dan dibuat menurut musimnya. Meskipun bahan dasarnya kebanyakan sama, bentuk dan hiasan yang dipakai berbeda setiap musim. Dan untuk musim sekarang ini (musim panas) yang cocok adalah Mizu youkan, semacam dodol.

Saya sendiri tidak begitu suka kue Jepang, tapi selalu senang melihat kue-kue ini berjajar di etalase toko. Dan memang minum maccha atau teh hijau bubuk paling cocok sebagai teman kue-kue Jepang yang memang manis. Salah satu kue Jepang yang lumayan aku suka adalah Ichigo Mochi, mochi dengan stroberi di dalamnya. Stroberinya yang agak kecut menutup rasa manis pasta yang terbuat dari kacang merah yang merupakan isi dari mochinya.

Kue Jepang pada musim hujan dan musim panas. Sekitar Juni-Juli. Mizu youkan yang putih di atas. Kelihatan seperti jelly tapi bukan

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 17, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: