RSS

Parfait or Sundae

28 Jun

Ternyata hari ini tanggal 28 Juni, di Jepang merupakan hari PARFAIT. Tahu parfait kan? Itu sejenis dessert yang disajikan di restoran-restoran. Dalam gelas tinggi, kadang berisi es krim yang diberi buah-buahan dan/ atau coklat serta whipping cream.

Tapi yang mengherankan, kenapa justru tanggal 28 Juni ini ditentukan sebagai hari Parfait? Ternyata awal mulanya ditetapkan tanggal 28 Juni, karena pada tahun 1950 terjadi permainan baseball yang “perfect” untuk pertama kali.

Loh lalu apa hubungannya dengan Parfait. Ya, nama jenis dessert berasal dair kata “Parfait” yang berarti sempurna. Jadi dianggap dessert ini “sempurna” karena menaruh bermacam sweets dalam satu gelas, tanpa perlu mencampurnya, tapi terasa “sempurna” sebagai pencuci mulut.

Parfait mulai populer di Jepang sejak awal jaman Meiji (1867) dan sebetulnya merupakan tiruan dari Verrine yaitu penganan dari perancis bisa berupa entree, main dish atau dessert, asalkan ditaruh dalam gelas sehingga kita bisa melihat isinya apa. Tapi di Jepang Parfait itu sudah pasti hanya pencuci mulut.

Nah, masalahnya apa bedanya Parfait dan Sundae? Sebetulnya hanya dari asal katanya saja, parfait dari bahasa Perancis sedangkan Sundae dari bahasa Inggris. Dan kalau mau dicari sejarah kata “sundae” lagi ternyata dari kata sunday, yaitu sebuah dessert yang dijual pada hari Minggu. Karena pada hari Minggu (hari sabath) dilarang menjual Lemon Soda, jadi sebagai penggantinya dijuallah jenis dessert “Sundae” ini. Kalau dulunya hanya dijual hari Minggu, kemudian berkembang dijual setiap hari.

sumber dari sini

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 28, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: