RSS

7 Januari

07 Jan

Hari ini di Jepang dinamakan Jinjitsu 人日, yang setelah aku cari berasal dari Cina. Konon tanggal 1 Januari itu harinya ayam/burung, tanggal 2 harinya anjing, tanggal 3 harinya inoshishi atau babi hutan (babi), tanggal 4 harinya domba, tanggal 5 harinya sapi, tanggal 6 harinya kuda. Jadi pada tanggal yang dimaksud tidak boleh membunuh binatang-binatang ini.

Kemudian pada tanggal 7 adalah harinya manusia. Tentu saja tidak boleh membunuh manusia kan tidak tergantung tanggal. Tapi yang dimaksud pada tanggal 7 tidak boleh menjatuhkan hukuman pada penjahat (waaah enak bener ya penjahatnya hehehe)

Tapi ada juga kebiasaan dari Jaman Heian (794-1185) untuk makan 7 jenis tanaman yang dimasukkan kedalam bubur yang disebut Nanakusagayu七草粥. Bubur 7 sayur yang sehat  ini dianggap bisa memperbaiki pencernaan setelah makan macam-macam yang enak (dan kolesterol tinggi) seperti osechi おせちdi masa pergantian tahun.

Hari ini juga kuku dipotong pertama kali di awal tahun, setelah merendamnya di air rendaman sayur untuk bubur. Bubur itu konon juga dapat mencegah penyakit yang akan datang pada tahun yang baru ini. DeMiyashita pernah coba Nanakusagayu asli, rasanya agak pahit, sehingga kami lebih mengganti Nanakusagayu dengan Bubur Manado (Tinutuan) + ikan asin dan sambal.

Tulisan ini pernah dimuat dalam pojok Bahasa dan Budaya Jepang di FB Grup “Wanita Indonesia Berkarya di Jepang”

Lalu apa hubungannya bubur 7 rumput ini dengan 1000Yen? Yang pasti kalau belanja “rumput-rumput” ini tidak sampai 1000 yen ya.

Hari ini juga merupakan hari peringatan 1000 yen, karena pertama kali dikeluarkan uang kertas 1000 yen tanggal 7 Januari 1950 (sebelumnya tahun 1945 ada 1000 yen tapi hanya bertahan 1 tahun, akibat inflasi sesudah PD2). Seribu yen itu bergambarkan Shotoku Taishi, pangeran Jepang pada zaman Asuka, pembuat peraturan pertama Junanajokenpo 十七条憲法di Jepang. Setelah Shotoko Taishi, gambar yang tercantum dalam uang kertas 1000 yen adalah Ito Hirobumi, Natsume Soseki, Noguchi Hideo dan nanti tahun 2024 akan dicetak gambar Kitazato Shibasaburo. Kenalkah dengan tokoh-tokoh ini? 😀

Dan perlu diketahui uang Jepang meskipun sudah berganti gambar dan dihentikan percetakannya, tetap masih bisa dipakai. Tidak seperti Indonesia.

Nah, Kalau dikasih uang 1000 yen, dan harus dipakai sekarang juga, kamu mau beli apa? 😀

#wibjnihongo #wibjbudayajepang

#七草粥 #bubur7rumput #seribuyen

 
Leave a comment

Posted by on January 7, 2021 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: