RSS

にゃーにゃーにゃー Hari Kucing

23 Feb

Kalau teman-teman perhatikan mungkin sudah tahu ya bahwa hari ini tanggal 22 Februari adalah Hari Kucing. Pas hari ini berderet angka 2 kan? 22-2 ni-ni-ni dan ini dibaca sebagai nya-nya-nya. にゃーにゃーにゃー. Memang sih bisanya orang Jepang saja dengan membaca 2 sebagai nya- (maksa juga yah 😃) . Dan nya-nya itu adalah suara kucing, merupakan onomatope (penggambaran suara) yang kalau dalam bahasa Indonesia adalah Meong, atau Miaw untuk bahasa Inggris.

Cukup banyak orang Jepang yang memelihara kucing sebagai hewan piaraan mereka. Jumlah kucing yang dipelihara pada tahun 2020 adalah 9.644.000 ekor. (964万4千頭ekor dalam bahasa Jepang 頭=とう atau arti harafiahnya kepala)Kalau dibandingkan dengan anjing, memang kucing lebih banyak. Anjing yang dipelihara sebanyak 8.489.000 ekor (848万9千頭).

Tapi kalau melihat sebuah survei seberapa banyak orang memelihara binatang dari seluruh dunia, yang terbanyak adalah Argentina, Meksiko 80% dan Brazil 75% penduduknya memelihara binatang. Ketiganya di Amerika Selatan, dna diketahui juga bahwa negara Asia sedikit yang memelihara binatang. Jepang termasuk 3 negara Asia yang terendah yaitu hanya 37%. Dan lucunya kalau melihat jenis binatang yang dipelihara 17% adalah anjing 犬 14% kucing 猫 9% ikan 魚 dan 2% burung鳥. Perlu diingat waktu menghitung hewan piaraan kalau anjing dan kucing itu dengan 頭 to, maka untuk ikan adalah 一尾 び bi dan untuk burung  一羽 わ wa. Sebutan yang berbeda untuk binatang itu benar-benar menyusahkan kita yang belajar bahasa Jepang ya 😃

Kalau ada Hari Kucing pada tanggal 22 Februari, apakah ada Hari Anjing? Tentu ada, yaitu tanggal 1 November. Kalau ditulis kan 1-11 dan dibaca wan wan wan, yang merupakan bunyi anjing di Jepang (ngga galak seperti di Indonesia ya 😃). Lalu apakah ada Hari Ikan? ADA! Yaitu tanggal 10 Oktober 10-10… Kenapa tanggal ini? Karena 10-10 dibaca toto. Ikan = toto? Ternyata toto adalah bahasa anak-anak 幼児語 ようじご yojigo untuk ikan!Lalu ada hari Burung? 鳥の日? Ada, tanggal 28 setiap bulan (menurut Paman Kentucky hihih). Tapi itu NIWATORI にわとり。Kalau untuk binatang piaraan biasanya インコinko (Parkit) atau オウム omu (Kakatua), dan diperingati setiap tanggal 15 Juni. Ini juga penjelasannya hanya berdasarkan bunyi saja.

Teman-teman pelihara apa? Saya punya kame 亀 kura-kura yang saya pelihara (tepatnya anakku yang MAU pelihara, dan mamanya yang KASIH makan 😃). Dan iseng saya cari, ternyata ada loh hari Kura-kura yaitu tanggal 23 Mei hehehe.

Tulisan ini dibuat untuk pojok Bahasa dan Budaya Jepang di FB Grup “Wanita Indonesia Berkarya di Jepang”

#wibjnihongo#wibjbudayajepang#にゃーにゃーにゃー#222#HariKucing

 
Leave a comment

Posted by on February 23, 2021 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: