RSS

Tenji Burokku 点字ブロック

18 Mar

Saya rasa semua orang yang pernah ke Jepang tahu dan bahkan pernah menginjak garis berwarna kuning di jalan atau di stasiun. Namanya Tenji Burokku 点字ブロック, yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Braille Block (ubin pemandu tunanetra) . Memang huruf braille itu dalam Bahasa Jepang disebut tenji 点字、harafiahnya huruf titik.

Tahukah Anda bahwa tenji block yang sudah dipakai di 150 negara di dunia itu berasal dari Jepang? Seorang pengelola penginapan di Okayama bernama Miyake Seiichi memikirkan bagaimana caranya supaya temannya yang tidak bisa melihat dapat berjalan dengan aman. Dan tanggal 18 Maret 1967, tenji block dipasang pada jalan untuk pejalan kaki dekat sekolah tunanetra di Okayama. Kemudian pemerintah daerah Tokyo melihat kegunaan tenji blok dan memasangnya di Tokyo, dan akhirnya menyebar ke seluruh Jepang, dan ke seluruh dunia.

Awalnya bentuknya bermacam-macam, dan menjawab keinginan tunanetra untuk membuat bentuk yang seragam, baru pada tahun 2001 ditetapkan standar Jepang JIS. Sedangkan untuk standar internasional ditetapkan tahun 2012 yang berdasarkan pada standar Jepang untuk dipakai di seluruh dunia.

Tenji block memang sangat membantu tunanetra waktu berjalan. Namun seiring perkembangan pemakaian di berbagai tempat, timbul juga masalah yang perlu dipikirkan. Misalnya keberadaan tenji block ini justru mengganggu orang tua yang kakinya lemah dan mudah terantuk, atau kursi roda/ kereta bayi yang mudah tersangkut di sela titik-titik itu. Atau sekarang juga banyak tenji blok yang warnanya tidak kuning, tapi menyatu dengan warna dari jalanan. Ini cukup mengganggu mereka yang buta warna atau lemah penglihatannya. Masalah lagi yaitu banyak orang yang meletakkan barang, atau memarkirkan sepeda/mobilnya di atas tenji block sehingga menyebabkan kecelakaan bagi penggunanya.

Pada hari peringatan tenji blok tangal 18 Maret ini, kita diingatkan lagi pentingnya menjaga kenyamanan warga yang memang membutuhkannya dengan tidak merusaknya. Namun memang acapkali tenji blok ini mengganggu pejalan kaki atau pesepeda karena licin waktu hujan. Saya sering terantuk jika berjalan di atas ini.

Tenju blok di stasiun.

Advertisement
 
Leave a comment

Posted by on March 18, 2021 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: