RSS

Ritto 立冬: Awal Musim Dingin

08 Nov

Selamat memasuki musim dingin! Ya mulai hari ini 7 November 2021, sampai dengan tanggal 4 Februari nanti, kita berhak mengatakan kita sedang menjalani musim dingin di Jepang. Menurut kalender, hari ini adalah RITTÕ 立冬 りっとう. Tanda-tandanya air mulai membeku dan tanah mengeras. Pagi dan malam mulai mendingin. Kemudian 4 Februari ini disebut 立春 risshunりっしゅん.

Hari susu coklat panas!

Dan rupanya ada beberapa hari peringatan yang ditetapkan untuk tanggal ini. Ingatkan waktu setsubun bulan Februari kita makan sushi gulung 巻きずし Makizushi?Rupanya hari ini juga mestinya makan itu. Padahal saya tadi ke restoran sushi, tidak tahu bahwa harus makan makizushi. Sayang terlewat deh.

Ada lagi yang menetapkan bahwa tanggal ini adalah hari Yutampo 湯たんぽ. Tahu kan yutampo? Itu adalah alat pemanas sederhana yang berupa jerigen gepeng 😃 Kita harus memasukkan air panas ke dalamnya, untuk kemudian memasukkan yutampo itu dalam futon kita. Kaki bisa hangat, loh. Sebaiknya setiap rumah punya yutampo untuk persiapan jika terjadi gempa bumi dan listrik/gas tidak nyala. Paling tidak bisa menghangatkan badan dengan bantuan yutampo dan selimut. Saya juga punya, dan kadang saya pakai untuk penghangat kaki kalau sedang bekerja.

Lalu kalau lihat gambar yang saya buat, bisa tahu kan satu lagi peringatan yang jatuh pada hari ini, yaitu Hari KOKOA ココアの日, ya susu coklat. Ditetapkan oleh perusahaan pembuat cocoa bubuk, Morinaga seika, untuk mengingatkan bahwa paling enak (dan menghangatkan badan) jika minum cocoa panas pada musim dingin, lo.

Hari peringatan lainnya? Hari Nabe dan sake panas, juga hari tonkatsu (Babi goreng). 😃 Wah makanan semua nih. Memang sih, peringatan-peringatan seperti yutampo dan cocoa itu bisa-bisanya perusahaan saja untuk memopulerkan produknya. Bagaimana apakah teman-teman suka minum cocoa panas? Saya kalau tidak bisa tidur karena lapar kadang-kadang minum cocoa, lo.

 
Leave a comment

Posted by on November 8, 2021 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: