RSS

Polemik Ibu Bekerja

17 Sep

Beberapa saat lalu ada (timbul lagi) polemik tentang ibu bekerja vs ibu tidak bekerja di sosmed Indonesia, mana yang baik untuk pendidikan anak. Menurutku polemik itu berkembang kembali oleh ibu-ibu “baru” dan polemik ini akan terus ada sampai timbul waktunya di Indonesia pun semua ibu HARUS bekerja demi menunjang perekonomian keluarga. Seharusnya setiap ibu memikirkan kondisi dirinya sendiri  dan kebutuhan keluarga, sambil tak lupa mementingkan pendidikan sang anak.

Di Jepang sendiri, baru kemarin (16 Sept 2014) aku membaca hasil survey bahwa ibu yang sedang merawat anak (ibu dari anak usia sekolah -wajib sekolah – SD- SMP)  sejumlah 74,2 % merupakan “pekerja”. Ini merupakan hasil survey untuk bulan Juli 2014, yang menunjukkan bahwa dari ibu-ibu yang punya anak usia sekolah (ibu sendiri berusia 25-44tahun), 70 persen bekerja di luar rumah. Hanya 30% yang DIAM DI RUMAH (diam tentu diam yang aktif, karena memang di Jepang tidak ada pembantu, tidak seperti di Indonesia yang masih bisa menggaji pembantu) , dengan kata lain hanya 30% yang 100% ibu rumah tangga.

Yang patut dipikirkan sebetulnya bukan bekerja atau tidaknya, tapi BAGAIMANA menggunakan waktunya untuk berinteraksi dengan anak. Itu saja kok. Tidak bekerja tapi menjadi kaum sosialita, yang punya pembantu sampai 5 orang dan tidak pernah mengadakan interaksi bermutu dengan anaknya ya sama saja, meskipun latar belakang pendidikannya S3 pun, tidak akan ada artinya bagi anaknya.

IMG_2134

Our quality time: baking cake together ~~

子育て世代74%「労働力」…求人増で最高水準

読売新聞2014年9月15日(月)11:56

 働く子育て世代の女性が増えている。

25~44歳の女性のうち、現在働いている人と求職中の人の合計が全体に占める割合を示す「労働力率」は7月末で74・2%となり、単月ベースでこれまでで最も高い水準になった。

働いている人の割合を示す「就業率」も71・0%と前年同月から0・2ポイント上昇した。結婚・出産後も仕事を続ける女性が徐々に増えているうえ、景気回復による求人増と時給の上昇に伴い、パートなどで再び働き始めるケースが増えているとみられる。

総務省の労働力調査を世代別に分析してわかった。7月の労働力率の74・2%は、前月より0・2ポイント、前年同月より1・7ポイント上昇しており、過去の統計と比較できる1968年以降で最高だった。安倍政権の経済政策「アベノミクス」が始まる前の09~11年は70%前後で推移しており、4ポイント近く上昇している。

就業者と求職者を合わせた7月末の労働力人口は全体で6604万人で、前年同月に比べて38万人増えた。男性は定年退職者の増加を反映して11万人減る一方、女性は49万人増えている。このうち、25~44歳の女性は7万人増の1195万人と、上昇傾向を示す。

Advertisements
 
5 Comments

Posted by on September 17, 2014 in Uncategorized

 

5 responses to “Polemik Ibu Bekerja

  1. itsmedianah

    September 17, 2014 at 7:26 am

    yang penting kualitasnya ya bu, saya berusaha tidak memegang gadget kalau di rumah agar perhatian untuk si kecil tidak terbagi. Begitu yg kecil tertidur saya alihkan perhatian ke suami. hahaha suami jd no.2 ya…. bagi saya bisa bekerja juga sdh jd me time.

     
    • Imelda

      September 17, 2014 at 7:57 am

      betul sekali! Bukan kwantitas tapi kwalitas. Seperti saya, anak-anak pulang dari sekolah jam 4 -an. Saya kasih waktu buat istirahat, buat PR, main. sementara saya masak. Makan jam 6, dan sesudah makan nonton TV bersama. Jam 8-9 sudah harus masuk kamar, baca buku bersama, main bersama dsb tapi kalau sudah jam 10 belum tidur, matikan lampu! Suami mah nomor dua juga ngga papa hahaha

       
  2. pinkuonna

    September 17, 2014 at 8:57 am

    Setuju banget nih sama pendapat Mbak Imelda (walaupun saya belum menjadi seorang ibu :)) lebih harus dipentingkan mengenai kualitas waktu berinteraksi dengan anak daripada kuantitasnya 🙂

     
    • Imelda

      September 17, 2014 at 9:10 am

      biarpun cuma 30 menit tapi bermutu kan ya? hehehe

       
  3. krismariana

    September 17, 2014 at 10:40 am

    ibu bekerja vs ibu rumah tangga? hmmm… nggak ngalami sih. tapi aku melihat sendiri mereka yang mengalami dilema ini. menurutku masalah ini semakin pelik karena sekarang makin sulit untuk mendapatkan pengasuh. mungkin kalau bisa bayar mahal, nggak masalah ya. dan lagi, daycare di kota besar juga tidak murah. ada temanku yang beruntung dapat pengasuh di dekat rumahnya. ada juga yang tidak dapat pengasuh, akhirnya suaminya malah yang tidak bekerja, dan mengasuh anak. mungkin karena gaji istrinya lebih besar ya?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: